Pelajaran Hidup "Repeat Until"

Bukan, ini bukan salah saya.  Saya udah 3 bulan ga posting. Saya sebenernya lagi mengandung pengalaman yang amat sangat luar biasa.  I called it “Second Chance” setelah taun lalu saya mengalami tantangan yang sama, dan gagal. dan bulan februari kemaren saya melawan tantangan itu lagi.

Guess what? 

OSK, Olimpiade Sains Kabupaten.  Kebetulan saya tetep ngikut mapel TIK atau Matematika Logika.  Di SMA saya semua anak club dikasih kesempatan untuk ikut dan ga di tes.  Club MTK total ada 14 anak termasuk saya, temen-temen dan ade kelas. Setiap hari Sabtu dan Minggu kami diteter buat bimbingan 4 jam nonstop. Ah gila rasanya.. tiap kali bimbingan otak kiri saya nyut-nyutan, gak boong.

Alhamdulillah pembimbing kami itu baik banget, setiap ngebahas 1 materi atau 1 soal kita bisa istirahat 1-5 menit buat ngerefres otak. Soal dan materinya mayan banget. Bahasa Pascal sama logika yang 75 ga ada materinya di kelas.  

Mulai dari januari.... minggu 1-2-3-4 ... bimbingan terus. Di lesan juga .. di rumah.. materi TIK jadi bagian dari kehidupan saya. Saya bener-bener fokus sama TIK. Pramuka kadang juga saya tinggal. Blog ini juga. Guru-guru pembimbing lomba juga serius banget sampe datengin kakak kakak mantan pemenang OSN dari UGM.  Semua kondisi club saat itu gawat banget, saya ngorbanin waktu, tenaga, pikiran, dan blog ini. Sedih.

Pernah  waktu itu kami di bimbing kak Basith dari UGM, dan materinya bener-bener bikin saya puyeng, berubung ka Basith ini udah expert banget sama bidang TIK, jelasinya pake istilah B. Inggris. Saya makin gapaham. Otak saya makin ga imbang. Akhirnya karena kebetulan juga waktu bimbingan saat itu bertepatan acara ketemuan bareng anak #hunter temen SMP saya. Dari pada otak tambah puyeng, saya memilih langsung aja cus ke rumah si Elin, buat refresh otak.
ini beberapa materi yang masih tingkat medium

Sampe pada hari H... tanggal 18 Februari 2016, pertarungan itu dimulai. Tuan rumah pelaksanaan Osk kebetulan SMA 1 Giri dan SMA 1 Glagah, saya dapet ruangan yang di SMA 1 Glagah. Bangku no 2 dari depan sebelah kiri, duduk sama anak SMAN 1 Gambiran, namanya Tasya,dan dia kompak banget sama saya, padahal kita baru kenal.

Ekspektasi soalnya bakal lumayan gampang dan banyak yang logikanya. Tapi... bukan.. bukan itu, soalnya terdiri dari 50 soal, 20 soal MTK, 20 soal logika dan 10 lagi soal Pemrograman. Dan saya gak terlalu paham yang MTK, "apaa inii? batin saya setiap membaca soal-soal.  Saya harus mikir keras, otak kiri saya tambah mencair, apalagi soalnya agak gajelas, iya disana diperintahkan untuk menghitung jumlah anak amoeba milik seorang murid yang disuruh gurunya untuk beternak amoeba, soal apaan coba? otak saya ganutut, saya pun nyerah dengan mengibarkan bendera putih... 






Club TIK bersatu



2 hari kemudian hasil OSK keluar, saya ga masuk 3 besar,   5 besar ataupun 10 besar.. tapi 20 besar.. tepatnya no 16. Sedih iya! Seneng, dikit! Soalnya saya udah naik 6 nomor dari peringkat taun lalu. Dan yang juara 1 adalah temen saya gaes dari pindahan club MTK, dasarnya dia menag pinter MTK, sering banget menang lomba,jadi gak ragu lagi, dan juara 3 nya adik kelas. hiks 

Tapi, gapapa si gaes, setidaknya saya dapat pelajaran hidup, eaa dalam mapel TIK,terutama materi pascal. Di materi pascal itu ada statement program yang namanya "REPEAT UNTIL" dan arti atau fungsi yang saya pahami dari repeat until adalah "Kerjakan! jika salah ulangi sampai benar!" Setelah mengikuti semua pengalaman yang udah saya ceritain diatas,  "repeat until" disini, saya menafsirkan untuk selalu konsisten, mengulangi apa yang ingin saya capai, sampe  mendapatkannya! but, usaha  kurang maksimal, buktinya sama ade kelas saya  kalah banyak. tapi taapa,, saya masi dapet hikmahnya, bahwa saya kurang nge"repeat" usaha saya sampe menghasilkan "Until", atau "until yangs saya dapat malah berbeda, yaitu hikmah dari pengalaman ini.


Share:

14 comments

  1. Keren.. ikutan OSK.. aku dulu juga pernah gitu ikutan semacam OSK, cuma kalah. Selalu kalah. Hahaha.

    Btw, itu di papan tulis itu apa ya kaka? Kok njelimeti? :D

    ReplyDelete
  2. wahahaha, tak apa-apa sis. 16 besar itu masih prestasi, apalagi ajangnya osk. mungkin ini semua gara-gara anak amoeba dan peternaknya. wah, repeat until ini bisa banget ya dijadiin filosofi hidup, cocok dan relevan untuk diaplikasikan kedalam perjuangan seseorang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyanih jev. alhamdulillah vanget tapi. dapet pelajaran hidup

      Delete
  3. Whaaaa, anak OSK ternyata. Gue mah apa, belajar Matematika Wajib aja mumet. Segala ngitung statistik, transfromasi geometri, dll. Mending belajar peluang deh. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak ipa juga bi? kalo mtk bab itu gue juga sama males. kalo yang materi logika gue seneng ngetz

      Delete
  4. Seenggaknya kamu lebih baik dari aku kalik Rim ._. aku nggak pernah ikut olimpiade wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua orang itu memiliki kelebihan masing masing bukanya kak. alhamdulillah aku seneng nya pas disini dan alhamdulillah berkesempatan ikut juga sih

      Delete
  5. Astaga... Itu bahasa apaan. Gue gak tau ada gituan di dunia ini. Dan gak mau tau. Segera musnah lah ya......
    Btw, gue pernah ikut lomba sains gitu, tapi lupa namanya. Awalnya dipilih sama guru 5 orang dan lima2nya gak ada yang lolos babak kualifikasi :))

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
  6. Wuiiihh anak pintaaaar. GOkil nih sekabupaten. Gue juga kayaknya pernah nih ngerjain itu yang "repear untik" sampe begi ga kelar-kelar. Hahaha. :))

    ReplyDelete
  7. Enak ya bisa ikut olimpiade begitu. Bersyukur aja sih kalo dapet 20 besar. Karena semua itu bisa jadi pelajaran. :D

    Siapa olimpiade selanjutnya juara 1 yakan, wkwkwk. :D

    ReplyDelete
  8. Asek..
    Asli keren banget, cewek tapi logika algoritmanya gokil..

    Life is a Flowchart

    ReplyDelete
  9. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan komennya ya,