Nyobain "Food Prep" pertama kali untuk berhemat di perantauan


Sebagai mahasiswa semester 5  dan sudah hampir 2 tahun merantau, sudah cukup lumayan buat merasakan pait-paitnya ngatur duit buat kebutuhan sehari-hari, apalagi urusan  makanan.  berbeda banget seperti jaman SMA yang kalo laper tinggal buka tudung saji, lalu makan, minum tinggal minum. Nah sekarangg buat mengurus urusan perut aja perlu perhitungan akurat biar gak  ngabisin duit banyak..

Sebelumnya saya pernah menerapkan membeli makanan matang untuk tiap kali makan, dan itu memang cukup menguras kantong ples tenaga. Tiap kali makan kudu ke warteg, tiap kali makan kudu ke Ayam Nelongso, tiap kali mau makan kudu ke Pak Japan, secara tidak langsung saya meras bangkrut.  Akhirnyaa untuk menghemat tenaga saya mencoba untuk beralih ikut catering minggua, untuk 3 kali makan tiap harinya, dan tanpa nasi.

Tapi, katering membuat kantong tambah jebol. Dan saat akhir bulan buat makan, pernah ke warteg cuma beli bungkusan sayur oseng ples gorengan untuk  lauk,,, seeedihhh, masmas warteg sampe apal, "Yang dua ribu gorengan kan mbak?" katanya.


Finally eaaaaa....

Untuk menghemat pengeluaran semester ini, saya mencoba  bikin makanan sendiri dan ini adalah pertama kalinya saya bikin food prep, yaitu teknik menyiapkan makanan sekaligus, biasanya seminggu sekali biar menhemat waktu. gagara iseng yutub an beberapa bulan yang lalu, saya merasa terinfluence dari seorang youtuber  yang punya akun"Downshiftology", dengang low budget power anak rantau, akhirnyaa seperti ini...

Pertama saya  ke pasar buat beli beginiaan..

Minggu pertama semester ini di perantauan, saya langsung skuy ke pasar, dan mendapatkan 2 ikat sayur, 5 ribu bawang merah dan putih, 3 wortel, satu potong tempe, satu bungkus tahu, 2 brokoli, labu siap, seplastik tomat dan daun bawang 2000 rupiah. total belanjaan


segini 27.000

Lalu,
Mencuci merekaa sampai bersih lalu mengeringkanya..


memotong merekaa

dan memasukkan ke dalam kontainer, 



Potong potong :)
karena gak banyak membawa kontainer, beberapa sayuran saya satuin ke satu wadah lansung, seperti wortel sama tomat. brokoli dengan sawi. Tempe dengan tahu gapapa, inshaallah hemat dan mereka baik-baik saja.

Dan ini adalah menu favoritooo saya dan sohib si salwaa buat sarapaannn... tidak tau namanya yang jelas ini, menggunakan sedikit margarin, sedikit bumbu dan agak gosong, tapi enak.


Keuntungan buat foodprep ini lebih hemat lah ya pastinya, dan lebih sehat juga, karna kita bakal tau apa aja makanan yung masuk ke perut kita.
biar artsyy


Share:

1 comments

  1. mantap!
    gue selama nge rantau ga pernah bikin meal preap gini.
    karena di kontrakan, ada piket masaknya gitu. ehe
    lagian, mau bikin meal prep juga percuma, ga ada kulkas juga sik

    sehari-hari makan telor doang
    ngeliat foto sayuran di tulisan ini, jadi sadar kalo makan sayuran itu penting

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan komennya ya,