Saatnya Menanam Pohon Sambil Rebahan Dengan Ecosia

Lettering Art By @lailasinta00_
Sebenernya saya sudah concern dengan isu-isu lingkungan dari SMP, waktu itu  sedang rame-ramenya diet kantong plastik, kalau ga salah saya baru tahu kampanye ini taun 2012/2013 lah,  lupa pastinya. Yang jelas dari kampanye tersebut berdampak besar  sampai sekarang, seperti kantong plastik berbayar di Minimarket, bahkan sampai larangan menggunakan kantong plastik sekali pakai di Bali. Kalau untuk dampak pribadi,  sampai saat ini, saya menggunakan totebag untuk belanja,kadang menggunakan dan mencuci ulang plastik yang sekirannya layak dipakai kembali. Dengan prinsip, setidaknya 0,000001% udah mengurangi sampah plastik di bumi, yaaah walaupun kadang masih  khilaf belom milah sampah, atau kadang kelupaan masih pakai plastik, emang saya akui lepas dari plastik benar-benar susah. 

Membahas tentang lingkungan, saya diingatkan kembali dengan "search engine"  ajaib bernama Ecosia. Mungkin kamu juga sudah  tau, karena search engine ini sudah booming di tahun-tahun sebelumnya, tapi gapapa saya  bakal jelasin lagi   di sini,barangkali keajaibanya mengingatkan kembali, kamu yang sudah melupakannya.

Buat yang belum tau apa itu Ecosia.org, adalah bisnis sosial yang didirikan  oleh Christian Kroll pada tahun 2009 dan memiliki produk utama mesin pencari. search engine lah bahasa kerennya. Lokasi pusatnya ada di Berlin, Jerman.

Kelebihan ecosia ini adalah kita bisa mencari segala sesuatu sekaligus dengan donasi. Jadi saat setiap kita melakukan 45 penelusuran di Ecosia, sama saja kita sudah menyumbang satu pohon untuk bumi. Kenapa baru 45? Karna setiap 1 kali penelusuran, kita menyumbangkan 0,5 Euro, sedangkan harga pohon yang mereka tanam sekitar 0,22 Euro.  

Sampai saat ini total ada 20 an lebih wilayah hutan yang menjadi tempat penanaman pohon. Di Indonesia sendiri terdapat 3 wilayah,  yaitu di gunung Saran, Kalimantan, Leuser, Sumatera dan di Kalimantan tengah. Kalo misal kamu ingin melihat bagaimana progress Ecosia ini, kamu bisa melihat di website resminya, karena semua kegiatan penanaman pohon akan didokumentasikan. 

Kamu juga gak perlu bingung bagaimana dana pendapatan Ecosia dialokasikan, karena tim Ecosia Setiap bulanya akan mentransparansikan Financial Reportnya  secara detail, mulai dari keperluan kantor sampai hasil keuntungan yang digunakan untuk aksi sosial ini. Pembagianya 80% donasi, dan 20%  biaya operasional. 

Penggunaannya juga cukup mudah, tinggal buka Ecosia, nanti kita bisa menambahkannya pada browser kita, begitupula dengan smartphone, tinggal download aplikasinya. Di pojok kanan atas kita juga bakal tahu seberapa banyak penelusuran kita dengan ecosia ini, dan seberapa banyak pohon yang sudah kita tanam.

Dah yuk, mari  simak kelebihan Ecosia dan Gimana Search Engine Ini bekerja : 



inilah saatnya kamu bisa rebahan sambil menanam pohon, emang ya sedekah banyak sekali caranya , ayoo, mumpung pahalanya  akan dilipatgandakan di Bulan Ramadhan ini.

Btw, saya sengaja ga mengulas semuanya disini, agar kamu penasaran,  langsung cek Ecosia, kemudian ikut merasakan bagaimana bahagianya melihat hasil penanaman yang udah dilakukan sampai saat ini.

Share:

5 comments

  1. Wah keren nih.. cuman modal browsing2 kita bisa ikut melakukan perubahan. Semoga semakin banyak orang yang peduli pada lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, mangkanya yukk pake ecosia kak, dan semoga banyak yg makin peduli

      Delete
  2. Di era digital ini, apa-apa gampang banget. Nyumbang aja sekarang bisa seperti ini yah. Baru tau.

    Abis ini mau ngepoin Ecosia dulu~

    ReplyDelete
  3. Mantap!! Menanam sambil bersedekah.. Btw, baru tau Ecosia saya.. Jadi pengen ikutan nanem

    -Ariel W. Saputra

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu aku mba ada search engine kayak ecosia, kita bisa berinternetan sambil menyumbang bibit pohon, kalo sehari kayaknya ada deh 45 searching

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan komennya ya,