3 Hal KECIL yang bisa dilakuin untuk menyelamatkan Umat Manusia


Sebagai makhluk yang mencintai bumi apa adanya, #eaaa akhir-akhir ini, saya miris banget liat lingkungan di daerah tempat tinggal saya. Hati rasanya teriris gak karu-karuan. Masa iya, kali dibelakang rumah, penuh banget sampah-sampah plastik, parit-parit sawahpun juga. Nggak tau lagi perasaan penghuni air yang ada di sana. 

Bayangin deh pas kalian jadi mereka. Pas enak-enak lagi naik motor mau berangkat  hang out, tiba-tiba pas di tengah jalan ada meteor nyambit roda belakang kalian, lalu kalian jatuh dan gak bisa bangkit lagi. Itu sama aja kayak yang dirasain penghuni air sana, yang pas lagi berenang sambil minumin aer seumur hidup, tiba-tiba dari atas ada seonggok sampah yang dibuang oleh umat manusia. Ya.. Seperti itu rasanya. 

Bukan cuma itu aja sih, contohnya ada banyak banget masalah tentang lingkungan di sekitar rumah , dan saya kira tadi juga terjadi di sekitar rumah kalian. Nah ini saya ada tips .. yaitu, hal-hal kecil yang bisa nyelametin bumi.

 Diet kantong Plastik
Sumber


Nggak cuma badan yang mesti diet, penggunaan plastik dalam keseharian juga mesti dikurangin. Kalian tau sendiri  kan beb, Plastik itu terurainya sama tanah berapa taun? tau kan? kalo kalian nggak tau nih  kalo itu plastik bakal terurai sekitar seabad-an! bayangin!! umur aja belum tentu nyampe situ,dan  pas kita udah mati aja itu plastik belum terurai. 

Dan misalkan nih perhari tiap orang buang plastik 2 biji dikali seluruh orang dimuka bumi, kalian bisa bayangin berapa gunung itu sampah? padahal cuma sehari doang. Iya kalo itu duit sih nggak papa, ini sampah! siapa lagi yang mau makan sampah? 

Tips dari saya bawa totebag aja terus  kalo kaian belanja! dan nggak usah minta plastik kalo nggak kepepet. Dan jangan lupa pakai ulang plastik yang masih layak dipake, jangan keburu dibuang, simpen aja dulu. Kalo kaian udah nyimpen itu plastik, Sayaudah pastiin kalian telah menghemat 0.000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000001  gunung sampah yang ada di muka bumi ini. Soooo... selamat buat kalian! 

Jangan Sering" gunain tissue

Menurut info yang pernah saya baca, 2 kotak tisue itu terbuat dari 1 batang pohon berukuran kecil. Nah, biasanya nih orang-orang kayak kita sebulan bisa habis 2-3 tissue di rumah. Dan menurut penghitungan saya, kalo misalkan tiap bulan kita habis 1-3 tisue, sama aja dalam setaun kalian udah nebang 1 pohon. Ok.. saya pinter. 

Saya saranin buat kalian yang gak pengen merasa bersalah, gunain aja sapu tangan atau handuk, buat ngelap-ngelap wajah, tangan atau keringat. Kalo kurang gregetpake canebo juga bisa, sekali lap semua keringat terhisap, sekali peras, keringat keluar deras!! keren nggak?!-_-

Gunain Sepeda atau jalan kaki ke tempat yang dekat

Info ini udah seing banget kalian denger dimana-mana kan? udah jujur aja. Itu emang bener banget. Soalnya kalo bepergian ke tempat yang dekat, dengan naik motor itu bakal boros BBM dan nambah pencemaran udara. Buat gantinya kalian bisa naik sepeda, jalan kaki, gendong, atau terbang!! Saya nyaranin itu, karena ramah lingkungan banget, beb!! Naik sepeda, selain sehat, juga hemat. Jalan kaki, kalian bisa nikmatin jalanan atau bahkan mainan trotoar bolong-bolong dengan berjalan zigzag. Kalo khusus gendong dan terbang, saya gak tanggung jawab efeknya. -_- Intinya, yang terpenting sih, hemat dan gak bikin pencemaran.

Beb, itulah tips hina dari saya, sebenernya banyak banget yang bisa kalian lakuin untuk nyelamatkan bumi. Tapi, saya cuma bisa kasih 3 doang.  Kalo kalian ada tips lain komen yaa

Share:

27 komentar

  1. iya nih
    jaman sekarang udah jarang liat orang yang naik sepeda
    padahal bikin sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, emang. apalag jaman sekarang apa" juga dituntut untuk cepat. :(

      Hapus
  2. kalo hemat air termasuk gak

    BalasHapus
  3. gua mah kalo ngampus jalan kaki. 500m doang dari kosan xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sip tuh! Selamat ya, kak! *kasih crown

      Hapus
  4. yaah, gue ga pernah ngelakuin semuanya. gimana dong? gue merasa gagal jadi manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang sabar yaaa!! dulu gue juga ngerasa gagal...jadi malaikat!! #eh

      Hapus
  5. Balasan
    1. 7 R???? Ra Ri Ru Re Ro Re Ra ? ok garing

      Hapus
    2. 7 R???? Ra Ri Ru Re Ro Re Ra ? ok garing

      Hapus
  6. Makasih tipsnya... Ini semua bener banget dah... Tapi, untuk yang pertama gua susah, tiap kali ke minimarket dapat asupan plastik, trus gimana dong?

    Kalau nomor 2 dan 3 itu udah gua lakuin kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gue sih, sering banget nolak plastik. soalnya kalo kesana seringan bawa tas, belinya kadang ga banyak' banget.

      Hapus
  7. Serem banget pas di bagian tissue. 2 otak tissue dibuat dari satu pohon. Meskipun kecil, tetep aja namanya pohon kan.

    Tapi yang paling gampang dilakuin yang bagian pertama, sih; diet kantong plastik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, itu mangkanya. btw no 1 emang gambang bingitz

      Hapus
  8. Bener tuh, balikin deh tradisi ibu-ibu zaman dlu yg belanja bawa keranjang. Etapi pasti bakal pake plastik jg sih, masak iya ikan2 dicampur ama sayuran dlm satu keranjang. Haduhh. Gmn ya, gitu deh pokoknya. *calon ibu-ibu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih, apalagi pas beli ikan di pasar. Tapi menurut gue itu masih dapat dispensasi!! ok gue ngomongin apa barusan? -_-

      Hapus
    2. iya juga sih, apalagi pas beli ikan di pasar. Tapi menurut gue itu masih dapat dispensasi!! ok gue ngomongin apa barusan? -_-

      Hapus
  9. Gue suka make tissue. Jadi mulai sekarang harus gue ganti dengan kanebo?

    BalasHapus
  10. kayaknya gue baru mampir sini. kebukti gue girang dipanggil sebutan 'beb' ditulisan lu :')

    BalasHapus
  11. plastik itu limbah yang paling bahaya, pernah ada foto kura2 yang tubuhnya nggak bisa tumbuh smpurna gara2 kelilit plastik :(

    BalasHapus
  12. Bener banget! kadang hal kecil yang kita anggap gak penting itu ternyata bisa merubah dunia. yappp i love little thing :)

    BalasHapus
  13. Wuhu. Lagi usaha buat ngelakuin yang ketiga. Semangat \:D/

    BalasHapus
  14. makanya itu, gua gak mau beli tissue. gua lebih suka minta sama temen. hahaha.
    kadang suka lupa bawa saputangan.

    BalasHapus
  15. Buseet, itu pabrik plastik apa sampah plastik? Sulit dibedain.

    BalasHapus
  16. gue baru tau, ternyata lama banget pengurain plastik yaak...... sadiiss -,-.

    bermanfaat nih tulisannya. semoga dengan baca ini pada nyadar orang''. biasanya, orgnya udh tau tntng hal ini, tapi masih ngelakuin aja. yah, smoga mreka d tunjukkan k jlan yg bnar. klo pemakain tisu, emang lbih baik make sapu tangan sih.

    dan yg terakhir itu, berguna banget buat yg lgi mau ngurusin badan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan komennya ya,