#NgalimDikit : Sedekah Yuk

                              

Assalamualaikum, . saudaraku, Masih di bulan ramadhan nih. Bulan yang katanya dan emang faktanya adalah bulan yang penuh berkah. Bulan dimana semua orang berlomba-lomba untuk meningkatkan keimananya kepada sang pencipta.  Menggembleng diri menjadi pribadi yang lebih baik. Beramai-ramai menahan semua godaan, dari mulai iklan marjan, kegagalan move on dan balikanya seorang mantan. Sakit emang.  Tapi, itu cobaan, saudaraku. jika kita bisa melewatinya dengan sabar dan ikhlas, niscaya derajat kita akan naik beberapa tingkat dari pada yang lain. 

Eitt.. Tapi, dibulan Ramadhan ini, ada banyak keuntungan yang dapat kita raih untuk investasi di akhirat kelak lho gaes, mulai dari berlipatnya pahala yang kita lakukan di bulan ini, sampai menahan godaan seperti yang sudah saya ucapkan diatas tadi denganbersama-sama. Jadi saudara, yang biasanya menahan gejolak amarah yang tiada duanya itu, bisa lega, karena semua umat islam di muka bumi ini, sedang  menjalaninya juga. 

Bismillah..

Salah satu investasi kita kelak adalah Bersedekah. Yap,.. benar saudaraku, banyak orang bilang "Sedekah membawa berkah" Memang benar adanya, saudaraku!! Dengan bersedekah, hidup kita akan terasa lebih nyaman, apapun yang kita miliki akan terasa barokahnya. Karena dengan bersedekah, otomatis kita juga akan merasakan kepuasan batin dengan adanya rasa bersyukur dan iklas. 

Betewe,Saudaraku, bersedekah gak cuma dengan harta, saudaraku. berbagi ilmu, senyumin mantan, juga bersedekah. ingat sabda Rasulullah "Sertiap kebaikan adaah sedekah!" Tapi... tapi,,, yang paling diutamakan adalah bersedekah dengan harta. Dan ingatlah lagi saudaraku Bahwa sesungguhnya, didalam harta benda kita, terdapat hak Fakir miskin dan anak yatim yang Allah titipkan kepada kita, Saudaraku! Kita beruntung mendapat amanah itu, dan cara mensyukurinya adalah dengan bersedekah. 

Dengan bersedekah, kita gak akan pernah  rugi, keuntungan yang kita dapat akan semakin berlipat. Dihitung dengan logika atau matematika kita, ga akan pernah nyambung, karena matematika kita sama matematikanya Allah itu beda gaes. Misalkan kita punya duit sejuta, kita sedekahkan 100 ribu, di logika kita sebagai manusia uang kita bakal jadi 900ribu. Tapi, sebenernya uang kita akan berlipat ganda menjadi 1900 ribu, karna Allah akan melipat gandakan harta kita minimal 10 kali lipat. Caranya? gak pernah kita duga, bentuknyapun gak mesti dengan harta, bisa berupa kesehatan,kelapangan hidup, panjang umur, sehat atau nikmat tersendiri. yang terpenting sih, keikhlasanya. pernah dengar kan firman Allah 

"Perumpamaan  orang yang bersedekah di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada 100 biji, Allah melipatgandakan bagi siapa yang dikehendakinya" (QS-Al-Baqarah (2):261)

Masyaallah, bukan?

Pernah.. ini sedikit cerita dari saya, sebuah cerita sederhana, betapa untungnya bersedekah. Bukanya mau riya', tapi.. saya hanya ingin memberikan bukti nyata. 

Kebetulan uang saku sekolah saya adalah 10 ribu rupiah, dan saat itu.. saya emang lagi gak pingin jajan, nah saya sedekahin tuh duit yang 2ribu, tanpa pikir panjang. Dan apa yang terjadi saudaraku?? setelah memasukkan ke kotak amal.. kotak amalnya-pun melayang!! ok saya bercanda Saudara. hehe..

Yang terjadi adalah, ketika saya pulang ke rumah, 
entah gak ada angin dan gak ada juga yang buang angin, tumben banget Bapak saya, tiba-tiba ngasih duit 20 ribu pas baru pulang ke rumah, biasanya nih, kalo pulang sekolah kalo gak minta duit tambahan, jarang banget Bapak ngasih duit ke saya. beliau bilang "Habis dapet rejeki!" 

Subhanallah kan, Saudara!! Allah langsung membalas 10 kali lipat, tanpa saya duga dari mana datangnya, kalo dipikir-pikir kenapa saya sedekahnya cuma 2ribu tadi?? hiks.
itu adalah contoh kecil dari saya, mungkin Saudara disini punya kisah tersendiri  di dunia sedekah??

Dan ingat Saudaraku...  Allah menganjurkan kita bersedekah, bukan berarti Allah membutuhkan harta benda kita, Allah itu maha kaya, sekalipun di dunia ini tidak ada yang bersedekah, ga ada pengaruhnya bagi Allah. Yang Dia minta adalah pengorbanan cinta dan rasa syukur kita kepada-Nya. Jangan sampai harta benda kita menjadi "berhala" yang menghentikan kecintaan kita kepada-Nya.

Sudah dulu.. dari saya, Saudaraku... Aniwey... jangan heran kenapa, saya bisa geoohol mirip ceramah kaya ginian, beberapa ini juga saya kutip dari buku "NFQ" saya cuma niat ngeshare doang, semoga berkah... selamat puasa, big hug, Saudaraaaa!! muaaah.. ok ini efek jomlo 16 taun saya keluar





Share:

41 komentar

  1. Btw, saya masih jomblo juga lo kaaakk... :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wes han, baliko han. gek ndang di rekap absensinee!! -_-

      Hapus
  2. Rela-rela bikin postingan sedekah cuma buat alibi pake saya sayaan kan? Ngaku Rim ngaku. :')

    BalasHapus
  3. Memang lebih baik bersedekah ke kotak amal daripada ke "oknum" pengemis. soalnya beberapa dari mereka kaya raya.

    BalasHapus
  4. Yuk sedekah, tapi seikhlasnya aja kan :p

    BalasHapus
  5. Dari semua postingan kamu, ini postingan yang paling barokah :)

    BalasHapus
  6. Masya Allah, tulisan ini super sekali Dek Arima. :)

    Mantap!

    Yuk, bersedekah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentarmu super sekali masyog. mantab!
      yuk sedekah

      Hapus
  7. tumben bijak banget yak... curiga ini bahan pidato.
    gue setuju kalau manusia itu harus berbagi... karena rejeki nggak bakal kemana juga kan.
    super sekali saudariku.

    BalasHapus
  8. Halo! Ini pertama kali aku mampir ke sini, dan langsung baca 'posting pencerahan'. :D
    Btw, sedekah itu emang berkah banget. Aku juga pernah kayak kamu kok. :)
    Ilmuku tentang agama jadi bertambah lagi deh. Terima kasih ya!

    BalasHapus
  9. Tuhan gue memang gitu. Tidak pernah ingkat janji.
    Sedekah memang punya keajaiban yang tidak bisa dimengerti oleh akal manusia.

    BalasHapus
  10. sini deh hug... wkwk

    BalasHapus
  11. Yap. Belajar bersedekah, karena semakin banyak nilainya semakin banyak pula keberkahannya :D

    BalasHapus
  12. jadi inget Akun instagram.com/ketimbangngemis

    membeli dengan niat bersedekah

    BalasHapus
  13. Sering banget denger cerita begitu dan ada pula yang sebaliknya. Ceritanya ada wanita yang ngasih 4 telur busuk ke seseorang. Terus gak lama kemudian ada seseorang lainnya lagi yang memberikan 40 telur ke wanita itu dan tadaaaa telurnya busuk semua. Dibalesin deh sama Tuhan.

    BalasHapus
  14. ceramahnya kok lucu sih mbak hahaha ketawa aja setiap manggil "Saudara ku". tp itu ajaib banget woi kotak amalnya bisa terbang :D

    Emang sih, dengan sedekah hidup akan indah

    BalasHapus
  15. Bentar-bentar tadi aku baca ada kata 1900 ribu. Itu bacanya gimana ya kak? Eh gimana saudaraku? Kita saudara seiman kan?

    Emang kekuatan sedekah itu ajaib banget, lebih dari ajaibnya pesulap. Banyak banget keajaiban kayak ada orang yg hampir bangkrut terus dia sedekah semua hartanya akhirnya bisa sukses lagi. Lumayan lah bulan puasa ini bisa membuat banyak orang berubah jadi alim. Hehe, salam kenal ya kak

    BalasHapus
  16. Keknya ini text pidato deh, pake saudara2 gitu. Apakah nyokap lu saudra gue?

    Atau kita saudara. Hadehhh, gak bisa ngambil hatimu rim, kan sodara. Hahaha

    Sedekah di bulan yg penuh berkah, emang jadi anugrah, supaya tetap di jalan yang searah dengan lisan yang pemberi berkah.

    Karena seneng sedekah, bolelah, sedekahin ke Pangeran...

    BalasHapus
  17. SETUJU!

    Sedekah emang ajaib. Padahal yang kita keluarkan nggak seberapa, tapi Allah membalasnya dengan berlipat-lipat ganda. Karena itu ada ungkapam bersedekahlah maka kita kaya.

    Tapi sekarang kalau mau sedekah liat-liat deh. Daripada dikasih ke pengemis yang datang tiap hari (kayak preman minta jatah) mending dikasih yang bener-bener membutuhkan. Ke panti asuhan bisa.

    BalasHapus
  18. baca ini kok rasanya diceramahi ya...
    kayak ulama gitu lagi nasehatin

    setuju kalau sedekah itu bisa jadiberkah dan setuju juga kalausedekahnya di kotak amal masjid
    daripada ngasih langsung ke pengemis, bukannya jadi berkah tapi malah mendorong orang untuk terus mengemis daripada bekerja.

    kalau soal balasan dari sedekh, kita nggak tau seperti apa. yang pasti mah jangan berharap balasan kalau mau sedekah yang penting ikhlas

    BalasHapus
  19. dan ini dia calon ustadzah barokah kita hahaha. :D
    btw nggak salah kok pake kata saudara secara kita saudara seiman gitu loooh. cuman yah tekstual banget seru! haha.
    sedekahlah seolah olah kamu nggak bersedekah. sehingga amal perbuatan tidak berujung harap yang mengakibatkan hilangnya ikhlas. semangat!

    BalasHapus
  20. Sedekah dengan ikhlas udah jarang banget ditemui dalam pergaulan anak muda. Atau mungkin saya aja yang salah pergaulan? Hmmm...

    Jangan liat besar nominalnya tapi liat besar keikhlasannya.

    BalasHapus
  21. Sebaiknya orang bersedekah itu untuk bersyukur, mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah dengan berbagi dengan orang lain. Nah, kalau sudah bersyukur, Insya Allah akan ditambah kenikmatan-kenikmatan yang diberikan Allah.

    Kalau sedekah Rp 2.000 saja di balas berkali-kali lipat, apalagi kalau bersedekah lebih dari Rp 2000 dan dilakukan setiap hari, pasti balasan Allah lebih banyak.

    BalasHapus
  22. Jadi berasa nemu penerus mamah dedeh nih gue. Mah, curhat dong mah! :D

    Entah ini udah ceramah ke berapa yang gue baca/denger yang menganjurkan untuk bersedekah. Apalagi di bulan ramadhan kayakgini. Pasti semuanya dilipatgandakan. Ya, kan, ya kan, ya kan?

    Gue juga sering banget dapet berkah dari sedekah. Sama kayak yang lu alamin, tiba-tiba aja gitu dapet duit berpuluh-puluh kali lipat dari yang udah gue sedekahin. Allah memang punya jalannya sendiri yang nggak bisa kita tebak

    BalasHapus
  23. Eh aku pengen mampir kesini bru ksampean skrg nih maaf yah._.v wkwk pdhal sering liat arima bertebaran dmana2, kyaknya aku prnah mampir di blog ini deh, tp bru liat2 doang, blm baca. Hihi.. Wah trnyata kamu msh 16thn ya? Baru aku pgn panggil kakak, salah trnyata. Haha. Oke cukup sekian. Kembali ke topik awal. Btw, salam kenal yah! :D

    Ngmongnya pke 'gue' ajadeh. Oh iya gue baru tau klo kita saudaraan? Kapan kamu lahir dr rahim mamaku?._. wkwk
    Itu gue udh baca serius-serius juga... Eh kotak amal nya malah melayang, ngeselin amat dah-__- Wkwk
    Iya emang klo sedekah itu pasti mendapat balasan yg berlipat ganda dari Allah, gue jg prnah pnya pngalaman kayak lo jg kok.. Sedekahnya mah cuma dkit.. Eh balesannya malah dpt berkali lipat. Allah itu memang baik yah:) Gak usah takut duit abis klo mau sedekah, rezeki jg kan udh diatur sama Allah, malah ditambahin klo kita sering bersedekah. Sedekah itu emg dahsyat yah manfaatnya, pahalanya jg banyak! Katanya sih dgn sering brsedekah dpt memudahkan kita untuk msk surga. Amiinnn.. Mudah2an yah:)

    BalasHapus
  24. Nah, bener benerr. Sedekah itu nggak membuat kita miskin, itu janjinya rasul kan ya.. Kadang saat sedekah rasanya masih terlalu murah kalau dibandingkan dengan senyuman orang yang menerimanya.

    Yap, saat sedekah kita akan dikasih balasan yang lebih banyak dari yang kita sumbangkan. Allah selalu melihat kita :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan komennya ya,